Lomba Foto Visit Aceh 2013

Dalam rangka menyambut Visit Aceh 2013 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan menyelenggarakan beraneka lomba yang bertujuan untuk membangun jiwa entrepreneurship dan ekonomi kreatif masyarakat. Perlombaan ini akan memperebutkan total hadiah Rp. 663.000.000,00 (enam ratus enam puluh tiga juta rupiah), throphy Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI untuk juara I,Throphy Gubernur Aceh untuk Juara II, Throphy Kadisbudpar Aceh untuk Juara III dan hadiah menarik lainnya.


Perlombaan terdiri dari Penulisan Legenda Aceh; Penulisan Cerpen Kepariwisataan Aceh; Penulisan Standard Operational Procedure “SOP” (Permainan Rakyat Catur Aceh, Peh Tamboe, dan permainan rakyat lainnya); Penulisan Adat Pantang; Penulisan Resep Kuliner Aceh; Penulisan Berita/Opini Kepariwisataan Aceh (koran, majalah, radio, televisi, media massa online dan blog), Lomba Foto dan Video Objek Wisata Aceh; Lomba Batu Cincin; Souvenir; Paket Wisata; Desain T-Shirt;

A. Ketentuan Umum Perlombaan:
  1. Peserta lomba terbuka untuk umum dan tidak dipungut bayaran.
  2. Semua karya yang dikirim adalah karya ciptaan sendiri, belum pernah dipublikasi dan belum pernah memenangkan penghargaan tingkat Aceh, nasional atau internasional.
  3. Peserta diberi kebebasan dalam memilih objek wisata, budaya, atau nilai tradisi yang ada di Aceh.
  4. Setiap peserta diperbolehkan mengikuti lebih dari satu lomba.
  5. Seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Disbudpar Aceh melalui dewan juri yang kompeten.
  6. Setiap pengiriman hasil lomba harus dilengkapi identitas diri lengkap seperti; nama, alamat, nomor telepon/hp, e-mail, pekerjaan, dan mencantumkan kategori perlombaan yang diikuti beserta lampiran karyanya.
  7. Hasil karya yang telah dikirim tidak dikembalikan dan menjadi milik Disbudpar Aceh.
  8. Hak cipta melekat pada peserta, namun Disbudpar Aceh berhak untuk mempublikasi dan memperbanyak melalui usaha masyarakat tanpa perlu meminta izin kepada pemiliknya.
  9. Pengiriman karya dalam bentuk hardcopy ditujukan ke Disbudpar Aceh, Jl.Tgk. Chik Kuta Karang No.3 Banda Aceh c/q pada masing-masing bidang atau dalam bentuk softcopy ditujukan khusus melalui email masing-masing perlombaan (alamat email dapat dilihat pada masing-masing kategori perlombaan.
  10. Pengiriman karya mulai tanggal 20 Juni s.d 3 November 2012 selama jam kerja.
  11. Melalui pengiriman karya, berarti peserta telah dianggap menyetujui semua persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia.
  12. Panitia berhak mendiskualifikasi karya peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila terjadi kecurangan.
  13. Perlombaan ini dilakukan untuk memilih 156 pemenang terdiri dari 6 pemenang untuk masing-masing kategori perlombaan.
  14. Penjurian akan dilaksanakan pada tanggal 5 s.d 17 November 2012, khusus untuk Kuliner penjurian pada tanggal 2 November 2012.
  15. Pemenang lomba akan diumumkan di media cetak dan website resmi Disbudpar Aceh pada tanggal 20 November 2012.
  16. Para pemenang lomba akan diundang pada “Malam Penganugerahan”, sekaligus penerimaan hadiah pada tanggal 24 November 2012 di Banda Aceh
  17. Pajak hadiah ditanggung pemenang.
  18. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  19. Informasi lebih lanjut dapat mengakses www.disbudpar.acehprov.go.id atau e-mail pada masing-masing perlombaan.
Ketentuan Khusus Perlombaan Foto Objek Wisata Aceh
  • Foto yang diikutsertakan dalam lomba ini adalah hasil foto kamera digital atau kamera analog (kamera film).
  • Foto objek wisata Aceh adalah foto yang menonjolkan keunikan dan keindahan baik alam maupun budaya yang ada di Aceh.
  • Karya foto belum pernah dipublikasikan dan tidak terikat sewa menyewa dengan pihak lain.
  • Peserta dapat mengirimkan minimal 5 lembar foto objek.
  • Penggabungan sumber (montage) dengan teknik digital dan lab tidak diperbolehkan. Menghilangkan/mengubah elemen-elemen dalam satu foto juga tidak diperbolehkan.
  • Olah digital diperbolehkan sebatas perbaikan kualitas foto tanpa merubah keaslian objek (sharpening, cropping, colour balance dan saturasi warna).
  • Kualitas gambar, kreativitas, dan nilai yang tersirat dalam foto juga mendapat penilaian tambahan.
  • Hasil karya dikirim dalam bentuk CD ke alamat Disbudpar Aceh c/q Bidang Pengembangan Destinasi atau email ke: lombafotovideo@yahoo.co.id beserta data diri. Sumber: http://lombafotografi.tumblr.com/
Location: Banda Aceh, Banda Aceh, Aceh, Indonesia

0 comments:

Post a Comment